Jumat, 28 Mei 2010

Rahmat Allah


الحد يث القدس رواه ابن حبان
اذا هم عبدى بشيئة فلم يعملها فا كتبوها له حسنة فان عملها فاكتبوها له سيئة فان تاب فامحوها عنه واذا هم عبدى بحسنة فلم يعملها فاكتبوها له حسنة فان عملها فاكتبوها بعشرة امثا لها الى سبعمائة ضعف (رواه ابن حبانوابو درداء)
Artinya : Apabila seorang hambaKu merencanakan  melakukan suatu kejahatan, tetapi tidak dilaksanakannya ,tulislah baginya satu kebajikan .tetapi jika dilaksanakannya, maka tulislah baginya satu kejahatan ,jika ia taubat ,hapuskanlah daripadanya .Dan apabila seorang hambaKu merencanakan suatu kebajikan ,lalu tidak dilaksanakannya ,maka tuliskanlah baginya satu kebaikan ,lalu jika tidak dilaksanakannya ,maka tuliskanlah padanya satu kebajikan .tetapi jika dilaksanakannya ,tuliskanlah baginya sepuluh ganda hingga tujuh ratus ganda
Menurut Riwayat Bukhori muslim
 اذا هم عبدى بشيئة فلا تكتبوها عليه فان عملها فاكتبوها  سيئة واذا هم بحسنة فلم يعملها فاكتبوها  حسنة فاذا عملها فاكتبوها عشرا (رواه البخار ومسلم)
Artinya: Apabila seorang hambaKu merencanakan  melakukan suatu kejahatan, janganlah kalian  tuliskan baginya satu dosa atasnya .tetapi jika dilaksanakan maka tulislah baginya satu kejahatan
Dan apabila seorang hambaKu merencanakan suatu kebaikan ,lalu tidak dilaksanakannya, maka tuliskanlah baginya satu kebaikan ,lalu jika dilaksanakannya ,maka tuliskanlah padanya sepuluh  kebajikan
Mari kita cermati uraian dibawah ini Allah Berfirman
وما ارسلناك الا رحمة للعالمين
Dan tidaklah kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam (21:107)
Pendapat ibnu abbas : beliau berkata  Rasulullah saw adalah Rahmat untuk semua manusia .maka barangsiapa yang beriman kepadanya dan membenarkan risalah yang dibawahnya  maka dia bahagia didunia dan di akhirat,tetapi barang siapa yang tidak beriman kepadanya  dia akan selamat dari kelompok ummat sebelumnya yang dibinasakan dan ditenggelamkan ,dijadikan kera. pendapat ini didukung oleh sebuah hadist  bahwa setiap manusia ada pintu taubat masih terbuka sebelum  datang sakaratul maut
ان الله يقبل توبة العبد مالم يغرغر
Artinya:sesungguhnya Allah menerima taubat hambanya selagi belum sakaratul maut ( HR.Turmu dzi dari ibn umar )
من تاب قبل ان تطلغ الشمس من مغربها تاب الله عليه
“Barangsiapa bertaubat sebelum munculnya matahari dari arah barat  maka Allah menerima taubatnya ( HR Muslim dari Abu hurairah )(4:17) bukan saja manusia yg mendapat rahmat tetapi  makhluq lainpun  menerimanya,sekalipun berbeda kadar dan ukuran yang diterima,karena amal mereka berbeda

arti Rahmat  
1.lembut / lunak
2.pengampunan dan pemaafan  (7 :56)
3.Hujan
4.dikehendaki mendapat kebaikan
5.asal Rahnat adalah tauhid (ibadah hanya kepada Allah tidak ada sekutu baginya dengan apapun (18:110)
pertanyaan yang muncul
“mengapa islam menjadi Rahmat untuk semua alam ?”
1.karena mengajak kebahagiaan dunia akherat
  Rasulullah Rahmatal lil’alamin dengan syarat bagi mereka yang mengikuti sunnahnya sebaliknya jika mereka enggan  mengikuti beliu berarti menyia nyiakan bagian yg sangat agung ini
2.karena jika disyukuri bisa menolak balak ,Al-Alusi berkata seakan ayat ini berkata  wahai rasul ,tidaklah aku mengutus dirimu  dengan membawa syareat ,hukum dan lainnya yang merupakan pangkal kebahagiaan, melainkan karena kamu merupakan Rahmat alam semesta ,karena kamu diutus inilah yang menjadi sebab tercapainya kebahagiaan dikampung dunia dan akherat (8:33)   adapun orang yang enggan  dan takabbur dia mendapat musibah disebabkan perbuatan mereka

 Study kasus
1.ada orang berkata : bagaimana islam dikatakan Rahmat untuk semua alam ,bukanlah islam datang membawa pedang  untuk membatai orang orang kafir  dan merampas harta ?
a.Imam Abu daud menukil dari zaid  apabila ditanya, mana yg menunjukkan Rahmat untuk orang yang mengingkari  risalah Nabi saw jawabnya:sebagaimana yg diriwayatkan oleh imam Abu Ja’far  bin Jarir dari sahabat ibnu Abbas ketika menjelaskan firman Allah Qs.21ayat 107 diatas  dia berkata  barangsiapa yang beriman kepadanya dan membenarkan risalah yang dibawahnya  maka dia bahagia didunia dan di akhirat,tetapi barang siapa yang tidak beriman kepadanya  dia akan selamat dari kelompok ummat sebelumnya yang dibinasakan dan ditenggelamkan ,dijadikan kera dan banjir
b.jawaban lain Islam memerangi mereka bukan untuk menjajah dan mengambil hak orang lain, sebagaimana dilakukan penjajah lainnya ,tetapi semata mata mengajak kepada Tauhid .adapun ketika mereka kalah ,tentu orang yang menang berhak memiliki harta  rampasan perang,itupun diatur dalam syreat islam
2.Bagaimana Nabi dikatakan rahmat ,bukankah beliau mendoakan buruk kepada orang kafir  mudhor?
        Rasul mendo’akan buruk orang kafir mudhor, bukan mendo’akan untuk kehancuran ,tetapi untuk menakut nakuti  karena Allah swt mengutus Nabi sebagai Rahmat semua alam ( 48 : 8-9) (2:119),(34:28),(33:45)
Oleh karena itu ketika Rasulullah melaknat orang tertentu pada waktu qunut nazilah turun ayat ( 3 :128)
3.Bagaiman  islam dikatakan Rahmat bagi alam, orang mencuri dipotong tangan dan kaki secara silang, berzina dirajam dan didera ,orang membunuh dihukum bunuh ?
        Islam memberikan hukum sesuai firman Allah (2 :179) adalah qishas =hukum setimpal dengan perbuatannnya ,Allah memberi hukum seperti itu untuk menyelamatkan seluruh ummat jika itu dilaksanakan secara konsisten, artinya yang lain tidak akan berbuat lagi seperti terdakwa

Anjuran agar Umatnya mempunyai sifat Rahmat

1.(3 :110)
2.من لا يرحم لا يرحم   barangsiapa tidak menyayangi dia tidak disayangi ( HR Bukhori dari abu hurairah )
3.لا ير حم الله من لا يرحم الناس  Allah tidak mengasih sayangi bagi orang yang yg tidak mangasih sayangi manusia (HR.Bukhori dari Abu hurairah )
4.لآ تنزع الرحمة الا من شقي  tidaklah dicabut rahmat melainkan dari hati orang yang celaka (HR Tirmidzi dar Abu Hurairah)
5.ارحمو اهل الارض يرحمكم من فى السماء  sayangilah penduduk bumi maka penduduk langit akan belas kasihan  kepadamu ( HR Abu daud dari Abdullah bin Umar )
Kepada siapa saja Rahmat akan diberikan ? ikuti kajian selanjutnya  pada waktu dan gelombang yang sama .....................
  
Macam Macam Rahmat
Setelah kita memahami sekian banyak pembahasan Rahmat,ada baiknya kita mempelajari selanjutnya mengenahi aneka macam rahmat agar bagi mereka yang belum mengenal Rahmat islam ini dapat memahaminya dan bagi yang sudah beriman akan memberi nilai tambah
1.Rahmat islam bagi kaum muslimin
islam Rahmat untuk kaum muslimum karena :
a.menyelamatkan kaum muslimin dari adzab neraka (21 :107 )
b.ajarannya mudah dan mempermudah segala urusan (20:2)
c.perintahnya disesuaiakan  dengan kemampuan (2:286)
d.jika beramal shaleh digandakan pahalanya  tetapi jika berlaku buruk dibalas sesuaimdengan perbuatannya

حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا جَعْدُ بْنُ دِينَارٍ أَبُو عُثْمَانَ حَدَّثَنَا أَبُو رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيُّ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا يَرْوِي عَنْ رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ قَالَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيرَةٍ وَمَنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ سَيِّئَةً وَاحِدَةً

Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan dan kejelekan ,selanjutnya Allah menjelaskan yang demikian itu.barang siapa yang berkeinginan untuk mengerjakan kebaikan ,padahal belum mengamalkannya ,maka ditulis oleh Alah pahala disisiNya satu kebaikan  yang sempurna .tetapi jika berkeinginan mengerjakan kebaikan dan mengamalkannya maka ditulis pahala disinya 10 kebaikan  sampai tujuh ratus lipat ganda,bahkan digandakan lebih banyak. (sebaliknya) barang siapa yang berkeinginan  untuk mengerjkan kejahatan ,padahal belum mengamalkannya  maka ditulis oleh Allah  pahala disisnya satu kebaikan yang sempurna tetapi jika berkeinginan mengerjakan kejahatan  dan mengamalkannya  maka Allah hanya menulis baginya  satu kejahatan ( HR Bukhori )

e.dimaafkan bila keliru / lupa (2:286)

f.diampuni dosanya bila bertaubat(39:53)

g.musibah yang menimpa dirinya adalah Rahmat

حَدَّثَنَا هَدَّابُ بْنُ خَالِدٍ الْأَزْدِيُّ وَشَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ جَمِيعًا عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ وَاللَّفْظُ لِشَيْبَانَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي لَيْلَى عَنْ صُهَيْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ
Artinya sangat menakjubkan perkara orang mukmin  semua perkaranya baik  dan tidaklah dapat memilikinya  melainkan orang mukmin ,jika ditimpa kegembiraan dia bersukur  yang demikian itu baik baginya ,dan jika ditimpa musibah  dia bersabar,maka hal itu baik baginya ( HR.Muslim )

2.Rahmat bagi Orang kafir

a.siksanya ditunda (21:107) ini sudah menjadi sunnatullah  untuk umat dahulu  karena (QS29:40) menceritakan kaum Nabi Nuh,Ibrahim, Tsamud, Syuaib,Musa  pernah ditimpa hujan batu ,suara yng memekikkan telinga dll
tetapi setelah Allah mengutus Rasul Muhammad saw Rasul berdo'a

حَدَّثَنَا عَلِيٌّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا أَبُو الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَدِمَ الطُّفَيْلُ بْنُ عَمْرٍو عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ دَوْسًا قَدْ عَصَتْ وَأَبَتْ فَادْعُ اللَّهَ عَلَيْهَا فَظَنَّ النَّاسُ أَنَّهُ يَدْعُو عَلَيْهِمْ فَقَالَ اللَّهُمَّ اهْدِ دَوْسًا وَأْتِ بِهِمْ

Dari Abu Hurairah Tufail bin amr dating pada Rasulullah lalu berkata :Wahai Rasul sesungguhnya suku Daus  durhaka dan menolak ajaran Islam  berdo'alah kepada Allah agar Allah menyiksa mereka  manusia mengira Rasul mendo;akan manusia buruk  tetapi beliau berdo'a  Ya Allah berilah petunjuk Daus dan Rahmatilah mereka ( HRBukhari)
c.islam memerangi orang kafir untuk mendakwai  bukan menjajah ,ketika islam memerangi mereka bukan langsung menyerbu tetapi mengajak masuk islam dulu baru setelah menolak dan melawannya islam bergerak beda dengan mereka memusuhi mislam tujuannya merampas harta

يَشْتَكِي عَيْنَيْهِ فَأَمَرَ فَدُعِيَ لَهُ فَبَصَقَ فِي عَيْنَيْهِ فَبَرَأَ مَكَانَهُ حَتَّى كَأَنَّه لَمْ يَكُنْ بِهِ شَيْءٌ فَقَالَ نُقَاتِلُهُمْ حَتَّى يَكُونُوا مِثْلَنَا فَقَالَ عَلَى رِسْلِكَ حَتَّى تَنْزِلَ بِسَاحَتِهِمْ ثُمَّ ادْعُهُمْ إِلَى الْإِسْلَامِ وَأَخْبِرْهُمْ بِمَا يَجِبُ عَلَيْهِمْ فَوَاللَّهِ لَأَنْ يُهْدَى بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ

Dari Shl bin saad Rasulullah saw  berwasiat kepada  Ali bin Abi Thalib  pergilah dengan pelan pelan ,sehingga datang dimedan pertempuran ,lalu serulah mereka  agar masuk islam  dan khabarkan apa yang menjadi kwajiban mereka setelah masuk islam (HR Bukhori)

d.sekalipun islam melarang mencintai mereka berbuat baik kepadanya boleh  dengan sebuah syarat (60:8)

e.permusuhan kaum muslimin berhenti jika kekafiran mereka berhenti (60:4)

f.kafir dzimmi dilindungidengan catatan tidak menyerang muslim

g.dibuka pintu taubat sebelum mati (4:17)


3.Islam Rahmat untuk orang munafiq

orang munafiq ketika Rasul diutus mereka aman tidak diperangi walaupun menyembunyikan kekufurannya  didunia ,tetapi setelah meninggal dunia mereka dihadapkan dengan fitnah kubur
(9:80,84)

4.Islam Rahmat bagi pemimpin yang dzalim

a.pemimpin yang salah dinasehati  dengan kata kata yang lembut (20:44)
bukankah rahmat untuk orang yang salah selalu lalu diperlakukan  dengan kata kat yang lembut .kalau fir'aun saja raja yang kafir diperlakukan dengan lembut /dilayani dengan rahmat apalagi penguasa yang beragama islam  tentu lebih berhak

حَدَّثَنَا حَسَنُ بْنُ الرَّبِيعِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ الْجَعْدِ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ أَبِي رَجَاءٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ يَرْوِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ رَأَى مِنْ أَمِيرِهِ شَيْئًا يَكْرَهُهُ فَلْيَصْبِرْ فَإِنَّهُ مَنْ فَارَقَ الْجَمَاعَةَ شِبْرًا فَمَاتَ فَمِيتَةٌ جَاهِلِيَّةٌ

Barang siapa yang melihat tindakan pemimpinnya yang dibenci,hendaklah bersabar,karena orang yang keluar dari jamaah  satu jengkal,lalu dia meninggal dunia ,maka matinya seperti matinya orang  jahiliyah ( Muslim)
c.dido'akan agar mendapat petunjuk ,karena Rasul pernah berdo'a mohon kehancuran orang yang memusuhi islam tetapi setelah menuju kepada seseorang  maka turun ayat ( 3:128)
5.Islam merahmati orang yang bodoh

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ وَقَالَ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ أَعْرَابِيًّا بَالَ فِي الْمَسْجِدِ فَثَارَ إِلَيْهِ النَّاسُ ليَقَعُوا بِهِ فَقَالَ لَهُمْ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar