Sabtu, 29 Mei 2010

Muhammad saw Reformasi sejati


33:21
 لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا (٢١)          

21. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.


L
ima belas abad silam telah hadir seorang pejuang Reformasi sejati  hingga kini tiap ummat menyebut namanya  dan senantiasa menyampaikan sholawat dan salam kepadanya .Dialah Muhammad saw yang lahir tanggal 12 robiul awal tahun 571 M  atau orang  sering menyebut tahun gajah
        muhammad saw dibesarkan dalam lingkungan masyarakat yang berkepribadian keras dan jahiliyah kenapa karena mereka hidup dalam kebodohan , dan rusak aqidahnya  mereka menyembah tuhan yang dibuat sendiri suka minuman keras, judi mencuri , memperkosa wanita suka bertengkar lawan suku lain dan kejahatan lain yang sangat merugikan dalam kehidupan masyarakat
        lingkungan Beliau keras sehingga membangkitkan  hati Rasul untuk memperbaikinya dan dalam puncak keprihatinannnya Beliau berkontapelasi ( nyepi ) digua Hira’ yaitu mencari jalan keluar untuk membangun masyarakat arab yang telah rusak itu (ini preode basyirah insaniyah )
        ditengah Beliau berkontapelasi di Gua Hira’ itu turunlah  wahyu yang pertama ( 96:1-5 ) yang menandai dimulainya kenabian atau kerasulan Beliau ( basyirah Ilahiyah )
        Bahwa untuk menghadapi masyarakat tersebut , adalah berat butuh stamina yang bagus baik jasmani maupun Rahani  karena itu perlu adanya pasokan batin dari yang maha bijak , maha agung , yang maha menguasai manusia dan alam seisinya  yaitu untuk ngecas di 1/3 akhir malam dengan itu  maka disusul dengan turunnya
 ( Qs 73 :1-5 )
يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ (١)قُمِ اللَّيْلَ إِلا قَلِيلا (٢)نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلا (٣)أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا (٤)إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلا ثَقِيلا (٥)

1. Hai orang yang berselimut (Muhammad),
2. Bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari (1), kecuali sedikit (daripadanya),
3. (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit.
4. Atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.
5. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kapadamu Perkataan yang berat.

[1525] Sembahyang malam ini mula-mula wajib, sebelum turun ayat ke 20 dalam surat ini. setelah turunnya ayat ke 20 ini hukumnya menjadi sunat.

         
        tidak lama kemudian turun ( Qs 74 :1-7 )  ayat ini adalah praktek pengejahwentahannya  atau pengapli kasian atau praktek dimasyarakat , bagaimana dan sepereti apa mereka
tidak lama kemudian turun QS surat Alfatehah
        perjuangan untuk melakukan Reformasi pada masyarakat arab terus dilakukan tanpa mengenal lelah  , tantangan demi tangtangan dihadapi satu persatu dengan resiko yang tidak kecil , sehingga puncak ( klimaknya ) beliau memutuskan hijrah bersama pengikutnya ke Habsi kemudian disusul  ke madinah karena perintah Alah   
        Babak baru dimandinah dimulai , ternyata dimadinah da’wah Rasulullah saw mendapat simpati luar biasa , sekalipun tantangan yang dihadapinya tidak kecil . pengikut Rasul makin hari makin bertambah besar sehingga mencapai jumlah yang signifikan   untuk melakukan gerakan militer dalam rangka mempertahankan diri,  selain itu juga turun ayat yang memerintahkan untuk melakukan peperangan , maka semenjak itu perjuangan fisik dimulai ( lihat QS 2 : 216 )
        Setelah berjaan selama 10 tahun Beliau  dimadinah , melalui perjuangan yang amat  berat akhirnya Rasulullah berhasil membangun pemerintahan Qur’ani yang penuh keadilan , kejujuran , kedamaian .
        Perjuangan Rasul jika diukur dengan reformasi yang sedang diperjuangkan oleh bangsa Indonesia  maka beliau adalah orang yang paling berhak menyandang gelar “ Reformasi sejati “ sebab beliau telah berhasil membangun masyarakat arab dengan kurun waktu yang amat relatif singkat . Beliau berhasil mengobah masyarakat arab dari bangsa Amoral dan tidak beradab menjadi bangsa yang bermoral dan beradab , merobah bangsa yang kejam , bengis , menjadi tanpa atuaran menjadi bangsa yang lembut , santun  , disiplin dan taat hukum  beliau juga mengubah bangsa arab yang asalnya bodoh atau jahil menjadi bangsa yang cerdas, pandai , yang bebudayaan maju dan peradaban yang tinggi
        Ada beberapa kebijakan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw dalam membangun masyarakat  dan pemerintahan arab  yang patut diteladani oleh kita  yang kini tengah gegap gempita  memperjuangkan Reformasi total Kebijakan

pertama
        Beliau memulai dari Reformasi Aqidah , hal ini sesuai dengan kandungan ayat pertama  yang turun kepada nabi .
        Mengapa harus dimulai dengan Aqidah ?
kalau  kita cermati bahwa rusaknya masyarakat pada masa itu akibat dari krisis Aqidah . Agama yang telah dibawah oleh Nabi Ibrahim  as sudah ditinggalkan , Aqidah telah dikotori dengan berbagai perbuatan syirik , penyembahan berhala bertambah marak , hal itu semua menyebabkan tujun hidup tidak jelas , dan aturan hiduppun akhirnya tidak jelas pula , ditengah tengah ketidak jelasan itulah kehidupan permisif ( serba boleh ) tumbuh subur dan meraja lela . maka tepat sekali bahwa yang diperjuangkan oleh Nabi adalah memangun Aqidah , memurnikan dan membersihkannya dari noda noda syirik . ternyata Aqidah yang murni dan kokoh  yakni keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah swt  Tuhan yang maha Esa telah tujuan hidup manusia sangat jelas dan perjuanganpun jelas pula , yaitu hidup dan berjuang untuk mengabdi kepada Allah sebagai khalifah–Nya dimuka bumi ini , melaksanakan keadilan , kejujuran , kebenaran dan melaksanakan tuntunan tuntunan-Nya yang lain .
        dalam masyarakat kita nampaknya Aqidah telah dikotori oleh berbagai prilaku syirik , dan syirik yang menonjol adalah penghambaan terhadap materi , kultus individual atau memper tuhankan perorangan dan kesombo ngan . menonjolnya syirik tersebut mengakibatkan hilangnya kepatuhan terhadap hukum , merendahkan kebenaran , suburnya perdukunan  atau paranormal sehingga media elektronikpun mendatangkan para normal seperti mamaloren dan konco konconya serta melahirkan tindakan tindakan yang layaknya sebagai Tuhan seperti firuan dan Qorun .
        dalam rangka perjuangan membangun Reformasi murni dan total , maka tepat sekali kita meneladani Nabi Muhammad saw yang memulai Reformasinya dari membangun Aqidah yang murni dan kokoh . jika kita berhasil membangun rohani masyarakat maka akan terwujud pemabngunan jasmani  karena itu pantaslah Allah menyatakan bahwa pada diri Rasul saw ada suri tauladan yang baik ( 33 : 21 )
kebijakan kedua
        keteladanan , beliau membangun persaudaraan dan persatuan yang kokoh terhadap sesama muslim beliau membangun persaudaraan demikian kokoh sehingga tampak seperti bangunan tembaok yang satu sama lainnya salin mengikat . mereka suka mengutamakan orang lain sekalipun diri mereka dalam kesusahan .(48:29)
        kemudian terhadap sesama  penduduk madinah yangberbeda agama , beliau membawa persatuan dan kesatuan ,Rasulullah sepakat dengan mereka dengan piagam yang terkenal yaitu “PIAGAM MADINAH “untuk membangun dan mempertahankan negara madinah secara bersama sama , mempertinggi toleransi dalam menjalankan agamanya masing masing , tidak saling mengganggu bersama sama dalam menjalankan keadilan dan menghargai hak asasi masing masing  persaudaraan sesama muslim diikat oleh aqidah islam yang kokoh , sedangkan persaudaraan sesama penduduk diikat oleh kepentingan bersama , dan sudah seharusnya persaudaraan dan persatuan ini diteladani oleh kita  yang tengah berjuang membangun Reformasi total  Allah berfirman ( 49:13 ) 
Artinya:
        Hai manusia, Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.

        kebijakan ketiga  Beliau menegakkan Amanah,( 4 : 58 ), ( 4:135) kejujuran (2:282)  dan keadilan (16:90)  
Artinya:
         Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) Berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (4 : 58) 


dengan menegakkan kebijakan kebijakan ini arab menjadi Negeri yang aman , makmur dan damai  perhatikan perhatikan firman Allah Qs 11:117 , 17 : 16 , 8:33 , 8:25 .



[1] Sembahyang malam ini mula-mula wajib, sebelum turun ayat ke 20 dalam surat ini. setelah turunnya ayat ke 20 ini hukumnya menjadi sunat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar