Rabu, 09 Juni 2010

mensejahterakan dunia dengan Alqur’an

أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَسَالَتْ أَوْدِيَةٌ بِقَدَرِهَا فَاحْتَمَلَ السَّيْلُ زَبَدًا رَابِيًا وَمِمَّا يُوقِدُونَ عَلَيْهِ فِي النَّارِ ابْتِغَاءَ حِلْيَةٍ أَوْ مَتَاعٍ زَبَدٌ مِثْلُهُ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ الْحَقَّ وَالْبَاطِلَ فَأَمَّا الزَّبَدُ فَيَذْهَبُ جُفَاءً وَأَمَّا مَا يَنْفَعُ النَّاسَ فَيَمْكُثُ فِي الأرْضِ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ الأمْثَالَ (١٧)Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, Maka mengalirlah air di lembah-lembah menurut ukurannya, Maka arus itu membawa buih yang mengambang. dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat perhiasan atau alat-alat, ada (pula) buihnya seperti buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; Adapun yang memberi manfaat kepada manusia, Maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan[770]

[770] Allah mengumpamakan yang benar dan yang bathil dengan air dan buih atau dengan logam yang mencair dan buihnya. yang benar sama dengan air atau logam murni yang bathil sama dengan buih air atau tahi logam yang akan lenyap dan tidak ada gunanya bagi manusia.Berbicara kehebatan alqur’an tidak akan ada habisnya walaupun ribuan mufassiriin dan ratusan ribu hasil karya tulis yang muncul , tak akan ada pernah tuntas  menelaah Alqur’an . setiap kali dibaca dan dipahami akan lahir pengertian  dan tafsir baru , yang lebih baik dan lebih pas sesuai dengan tuntutan waktu Salah satu kelebihan alqur’an adalah bahwa kitab ini bisa memuaskan bagi siapa yang mau menggalinya , para pemikir , filosof, ilmuwan , para praktisi  bahkan orang awan sekalipun akan mudah memahami Alqur’an  sesuai dengan keterbatasannya masing masing
Hal ini tidak dapat dipenuhi oleh kitab dan buku manapun di dunia. Bila kita membaca sebuah artikael disebuah majalah , maka ada segolongan yang menilai terlalu dangkal , tetapi ada yang merasa terlalu ilmiah  sehingga sulit dipahami , pendeknya tidak ada satu kitab atau tulisan manapun hasil karya manusia yang bisa dikonsumsi oleh semua golongan dari segala tingkatan Alqur’an lain dari yang lain , bahasa yang dipergunakan sangat sederhana tapi kandungan maknanya luar dari biasa , oleh karenanya alqur’an bisa menggunakan kalimat yang pendek , singkat  dan tidak bertele tele . itulah sebabnya para pembacanya  merasa krasan dan tidak bosan karena kalimatnya tidak kelewat panjang , tetapi juga tiidak terlalu pendek . sayyid qutub menjelaskan bahwa satu ayat dalam Alqur’an telah memuat petunjuk dan kalimatnya yang bermacam macam , yang tersususn secara teratur dan rapi . setiap makna mendapat penjelasan yang memadai  tanpa mengurangi bagian yang lain . setiap permasalahan mendapat jatah proporsional . setiap ayat dapat dipakai sebagi dalil  dibanyak permasalahan tanpa ada rasa paksaaan . ini adalah fenomina nyata bahwa alqur’an tidak perlu diperdebatkan lagi . Itulah sebabnya salah satu rahasia Alqur’an , kenapa Alqur’an sering menggunakan  tamsil  , dengan sebuah tamsil para cendekiawan atau orang awam  dengan mudah menangkap makna yang terkandung didalamnya ( 3:189) setidak tidaknya hal ini dapat menggugah perasaan danhati sanubari pembacanya Sebuah tamsil bisa ditafsirkan bermacam macam oleh para mufassirin  sesuai dengan kesanggupan dan keterbatasannya  ada yang dapat mengangkap banyak , ada yang menangkap sedikit tergantung  pada siapa yang menelaah . Alqur’an tidak memberi batas , misalnya hanya orang yang memenuhi kualifikasi tertentu saja yang boleh membacanya .Alqur’an bukan monopoli ulama’ , cendekiawan apalagi penguasa . Alqur’an untuk semua yang mau membaca dan mengkaji serta mendalaminya
Alqur’an sering menggunakan falsafah air untuk kehidupan atau suatu kebaikan dibanding  daripada benda  lainnya .  Alqur’an tidak menggunakan terminologi api untuk menggambarkan semangat jihad misalnya . tidak juga menggunakan benda padat atau nama lainnya .Digunakan istilah air ,karena air memiliki arti yang sangat luas dan vital. Air tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan , segala sesuatu tak bisa hidup tanpa air. Sebaliknya dengan air banyak sekali  yang bisa dihidupkan  ( 2: 21-22 )

Tanah tandus disaudi Arabia bisa berubah menjadi kebun kebun yang penuh dengan tanam tanaman ,buah buahan dan sayur sayuran berkat supply air yang melimpah dari penyulingan air laut . sebaliknya Negara Negara yang asalnya subur , bila datang kemarau panjang , bisa juga kekeringan , banyak tanaman yang mati   ( 21 : 30 )

Tidak salah bahwa kebenaran islam itu diibaratkan air ,karena kebenaran itu pada dasarnya adlah menghidupkan . kemenangan kebenaran  atas kebatilan sesungguhnya adalah kemenangan kemanusiaan . tiada yang terkalahkan .jika Alqur’an berjaya , berarti kejayaan bagi semua umat manusia .orang yang ingkar sekalipun akan merasakan percikan air kehidupan

Kebenaran yang dimaksud ayat diatas adalah keimanan  kepada kebenaran Alqur’an , jika ajaran islam mengemuka menjadi penentu sikap , prilaku dan segala tindakan manusia , maka kelangsungan hidup dapat terjaga . sebaliknya kebatilan yang ditamsilkan pada ayat diatas adalah sikap

Mengapa Alqur’an membuat tamsil iman dengan air ? pertama : air  itu dapat mengilangkan najis , baik yang menempel pada tubuh pakaian atau benda lainnya , demikian dengan halnya Alqur’an , ia dapat menghilangkan najis dan kekotoran kekufuran  yang menempel disegala hati  ( 25 Alfurqon 48 )

وَهُوَ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً طَهُورًا (٤٨) Dia lah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang Amat bersih,

Allah membuat tamsil itu adalah Rahmat , sama halnya ketika menyebut iman dan alqur’an  iman itu adalah rahmat  atau penyebab datangnya Rahmat  firman Allah ;Ketiga : air itu membawa berkah bagi kebanyakan orang demikian pula halnya Alqur’an  ( 21 : 50 ) Allah adalah  pencipta seluruh alam . dia pula yang  memeliharanya . dengan penuh kasih sayang atas ilmunya yang meliputi segala sesuatu –Dia menurunkan kitab suci yang memuat segala petunjuk hidup secara lengkap . tanpa petunjuk alqur’an pasti manusia akan mengalami kesulitan  dalam menentukan jalan hidupnya . mereka secara subyektif akan menetapkan pilihan tanpa petunjuk dzat yang menguasai alam semesta .Keempat : air itu obat dahaga , sedangkan alqur’an merupakan obat hati .organ tubuh yang kekurangan air segera melemah, alias loyo . demikian juga dengan hati yang kurang mendapat siraman Alqur’an ( 17 : 82 )
Kelima : Allah menurunkan air hujan tanpa ada yang mampu menghalanginya . demikian halnya Alqur’an .tak ada seorangpun yang dapat menghalangi turunnya alqur'an lihat Qs : 41:41-42Keenam :air hujan itu turun setetes demi setetes , sebutir demi sebutir , kemudian mengalir kebumi menjadi sungai sungai dan lautan .demikian dengan Alqur’an , Ia diturunkan ayat demi ayat , bagian demi bagian . kemudian jadilah kumpulan ayat ayat laksana  laksana sungai dan lautan . lautan Alqur’an sangat luas dan dalam , tiada seorangpun dapat mengukurnya .Para mufassir yang mencoba menggali isi alqur’an itu bagaikan memasukkan satu jarinya  kedalam lautan .lautan kemudian mengangkatnya  Ketujuh : air hujan fungsinya adalah menghidupkan segala macam tanaman  dan tumbuhan setelah kematiannya .demikian juga alqur’an menghidupkan jiwa manusia  yang telah mati ( 6:122 ) Kedelapan : air hujan dapat menumbuhkan segala bunga yang beraneka ragam , tetapi juga menumbuhkan tanaman berduri yang mengandung racun .sama halnya dengan Alqur’an .jika Alqur’an tumbuh dihati orang yang beriman , keluarlah bunga yang beraneka ragam dan harum baunya .sementara jika turun kepada hati orang orang kafir , maka keluarlah tanaman berduri dan beracun .Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu Adapun orang-orang yang beriman, Maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan: "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?." dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,

Kamis, 03 Juni 2010

Mengenal diri

Drs.Abd.Wachid.S,MM
Telp.7225720
 


16:4

خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ نُطْفَةٍ فَإِذَا هُوَ خَصِيمٌ مُبِينٌ (٤)
Artinya: Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata.16 :4

Manusia merupakan Ciptaan Allah yg sangat unik
diciptan dari tanah sedang penciptaannya  berasal dari setetes air yang hina meski demikian ,ia tumbuh dan berkembang  menjadi makhluq yang paling  indah dan bagus yang dilengkapi dengan berbagai keperluan  untuk bisa menangkap berbagai  hal yg ada disekitarnya untuk keperluan hidupnya . Allah swt menyediakan  bagi manusia berupa langit,bumi ,lautan,serta isinya secara Cuma Cuma .hanya satu yang diminta ,yaitu jangan mengabdi  kepada selain Allah jika itu dipenuhi ia akan selamat sejahtera  dan akan mendapat limpahan berbagai kenikmatan yang tiada tara   Tetapi jika tidak ,maka hidup nya  akan sia sia ,menderita dan tersiksa .

Awas ranjau setan

Meskipun tugas manusia adalah mengabdi  kepada Allah ,tetapi banyak yg menolaknya .mereka tidak mau mengabdi kepada Allah ,tetapi justru tertarik oleh bujuk rayu setan,padahal sejak awal,syaithon akan membawa manusia kejalan yang gelap gulita (2:257 ) dari itulah maka Allah memperingatkan para hambanya agar jangan sampai terpedaya  oleh bujukan syaiton

يبنىادم لايفتننكم الشيطان كما اخرج ابويكم من الجنة

Artinya:Hai anak adam janganlah sekali kali kamu dapat ditipu oleh syaiton sebagaimana ia telah  mengeluarkan ibu bapakmu dari syurga
        Bujuk rayu syaiton itu memang sangat kuat ,terkadang dalam bentuk yang sangat halus ,indah dan menawan .hal ini lantaran syaiton bersungguh sungguh  dalam memperdaya  manusia  (4 :119) 
وَلأضِلَّنَّهُمْ وَلأمَنِّيَنَّهُمْ وَلآمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ آذَانَ الأنْعَامِ وَلآمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللَّهِ وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِينًا (١١٩)

Artinya: Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya".
Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, Maka Sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.
Iblis datang dari  segala macam cara/penjuru hanya saja yang tidak dapat ditembus lewat atas dan bawah artinya ketika orang konsentrasi kepada Allah swt dan merendah tidak sombong itu yang sulit ditembus ( Ikhlas )

( 7 :17 )
ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (١٧)

Artinya: Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).

dan mampu merobah kemaksiatan  sehingga seolah olah menjadi  sesuatu yang baik  
( 15: 39-40 )
قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لأزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الأرْضِ وَلأغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (٣٩)إِلا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ (٤٠)

Artinya: Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan ma'siat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,
Artinya: Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka".

Yang dimaksud dengan mukhlis ialah orang-orang yang telah diberi taufiq untuk mentaati segala petunjuk dan perintah Allah s.w.t.

apa lagi sosok dirinya tidak dapat dilihat  oleh manusia namun  ia mampu melihat  kita dengan gamblang (7 :27 )
Artinya:sesungguhnya balatenta ra syaiton itu melihat kamu se dangkan kamu tidak melihatnya sesungguhnya kami telah menja dikan  syaiton syaiton itu pemim pin pemimpin  bagi orang orang yang tidak beriman

                Akibatnya  tidak sedikit yang semula beriman  kepada Allah 
Menjadi kafir ,yang semula rajin ibadah  menjadi malas,yang semula teguh dalam memegang Agamanya menjadi goyah, yang semula ikhlas dalam ibadah menjadi riya’ ,yang semula rendah hati dalam tindakan  dan tutur kata  menjadi sombong dan takabbur
Ulah mereka  yang seperti itu ,pada mulanya mungkin  tidak me nimbulkan  pengaruh  langsung yg buruk  baik bagi dirinya mau pun bagi orang lain mereka merasa tetap baik ,aman dan sejahtera hartanya makin bertambah ,kariernya  dan pangkatnya makin menanjak  relasi dan kawan kawannya makin banyak . jika mereka merasa aman  menikmati berbagai hasil dari kemaksiatan  dan dosanya itu ,maka setan makin kuat lagi dalam menggodanya ,mereka menjadi
sombong dan bertambah sombong berani melecehkan dan melawan aturan aturan Allah ,baik dalam konsepsional  gagasan maupun  dalam praktek oprasional mereka lupa bahwa Allah tidak akan membiarkan nya(16:45-47 )

Lupa diri
        Mereka lupa bahwa droirinya diciptakan  dari tanah liat yang kering hitam dan bau (15 :26 ) serta  diproses dari setetes air mani yang tersimpan kokoh dalam rahim ( 23 : 12-14 )  mereka juga lupa bahwa tatkala  baru dilahirkan kebumi, mereka tidak tahu apa apa  dan sangat lemah kondisinya Allah kemudian memberikan mata telinga dan hati,(16 : 78 ). Allah juga memberitahukan kepada mereka  tentang berbagai hal ,Allah pula yang memberi kekuatan ,sehingga mampu hidup kemudian memberi petunjuk ,se bagai pedoman dalam hidupnya mereka bukan hanya diberi penglihatan pendengaran dan hati tetapi juga disempurnakan bentuk tubuhnya
(82:7-9 )
الَّذِي خَلَقَكَ فَسَوَّاكَ فَعَدَلَكَ (٧)فِي أَيِّ صُورَةٍ مَا شَاءَ رَكَّبَكَ (٨)كَلا بَلْ تُكَذِّبُونَ بِالدِّينِ (٩)

Artinya: Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang, Dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusun tubuhmu. Bukan hanya durhaka saja, bahkan kamu mendustakan hari pembalasan.

                 sehingga menjadi sebaik baik bentuk badannya berdiri tegap kepalanya diatas disusul badan dan kaki lantas kanan kirinya dilengkapi  dgn kedua tangan  .sedang didalam tubuh nya  mulai dari ujung rambut dikepala sampai tangan  dan kaki  terdapat jutaan alat alat, yg masing masing alat itu  ditemkan dalam posisi yang tepat sesuai  dengan tugas dan kegunaannya .tidak ada yang janggal .organ dan sel sekecil apapun dalam tubuh manusia telah ditempatkan oleh Allah dalam penempatan yang sangat tepat dan jitu,dan mempunyai peranan yang sangat penting ,sebagai satu kesatuan yang utuh dan kompak .sehingga kalau salah satu organ itu  tidak berfungsi misalnya ,maka akan menggangu organ organ lainnya dan itu berarti akan berpengaruh dalam dirinya ,baik fisik maupun psikhisnya .
     Para ahli/pakar anatomi  didunia yang mempergunakan penglihatan, pendengaran dan hatinya , terkagum kagum menyaksikan bentuk dan bagian bagian dalam tubuh manusia .makin dikaji lebih mendalam sesuai dengan sudut pandang  profesinya ,akan semakin banyak lagi ditemukan berbagai keajaiban  yang sangat luar biasa  dan tiada dapat dijangkaunya
Pantas orang yang beriman akan mengucapkan seperti yang disampaikan oleh Allah swt  (Qs.3 :191 )
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (١٩١)
Artinya : (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.

     Setelah Allah menciptakan  mereka dalam bentuk yang sebaik baiknya  ,Allah kemudian memberinya kepada mereka :
1.apa yang ada dilangit ,dibumi dan dilaut
2.Ilmu pengetahuan
3.Rezeki dari yang baik baik
.berbasgai kel;ebihan yang tidak diberikan kepada makhluq lainnya
5.Rahmat dan hidayah
6.serta disempurnakan segala nikmat nya

tidak mau bersyukur
Meski demikian ,mereka masih tidak mau bersyukur kepadanya .mereka lupa dengan dierinya sendiri ,dari mana ia diciptakan siapa penciptanmya. Untuk apa dilahirkan dibumi ini ,dan mau kemana hidup didunia ini .karena lali terhadap jatidirinya ,mereka menjadi muda terbawa hanyut ,mengikuti arus angin yang datang ,ia terombang ambing kesana kemari,seperti sabut yang terapung apung dilautan ,tersesat.
   Kesesatan mereka ,karena menuruti hawanafsunya  diumpamakan oleh Allah  sebagai binatang ternak bahkan lebih buruk dari binatang ternak

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالإنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لا يَسْمَعُونَ بِهَا أُولَئِكَ كَالأنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولَئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ (١٧٩)

Artinya :dan sesungguhnya kami jadikan untuk isi neraka jahannam kebanyakan dari jin dan manusia .mereka mempunyai hati tapi tidak dipergunakan untuk memahami ayat ayat Allah ,dan mereka mempunyai mata tetapi tidak dipergunakan  untuk melihat tanda tnda kekuasaan Allah ,dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakan untuk mendengan ayat ayat Allah ,mereka seperti binatang ternak ,bahkan mereka lebih sesat lagi .mereka itulah orang orang yang lalai ( QA 7 ayat 179 ) 

Selasa, 01 Juni 2010

Neraka


66 : 6
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ (٦)
6. Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.


makna neraka  ( النار )artinya Neraka  sedang yang dimaksud adalah : Panas yang murni /bara  api ( bara apinya dari manusia,batu ) penjaganya malaikat yang tak kenal kasihan

حَدِيثُ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَأَنَّ عِيسَى عَبْدُ اللَّهِ وَابْنُ أَمَتِهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةِ شَاءَالبخارى  3180

 Diriwayatkan daripada Ubadah bin As-Somit r.a katanya: Rasulullah s.a.w telah bersabda: Sesiapa yang mengucap Dua Kalimah Syahadat iaitu: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ dan bersaksi bahawa Nabi Isa adalah hamba Allah, anak hambanya dan kalimah Allah iaitu Nabi Isa a.s dijadikan oleh Allah tidak berbapa hanya dengan kalimah KUN yang bererti jadilah engkau maka jadilah dia yang disampaikan kepada Mariam dan juga tiupan roh daripadaNya, serta bersaksi bahawa balasan Syurga adalah pasti begitu juga balasan Neraka adalah pasti di mana Allah akan memasukkan mereka yang dikehendaki ke dalam Syurga melalui salah satu dari lapan pintu Syurga sebagaimana yang dikehendakinya *
 surga dan neraka sekarang belum ada jika sudah ada nanti hari kiamat ikut rusak dan tidak ada lagi (28:88)
ada orang yang merasa aman dari Neraka sebagaimana Allah menegur hambanya ( 2:214),(3 : 142),(9:16)

أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَأْتِكُمْ مَثَلُ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ مَسَّتْهُمُ الْبَأْسَاءُ وَالضَّرَّاءُ وَزُلْزِلُوا حَتَّى يَقُولَ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ مَتَى نَصْرُ اللَّهِ أَلا إِنَّ نَصْرَ اللَّهِ قَرِيبٌ (٢١٤)
214. Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat.(2 :214 )




أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ (١٤٢)

142. Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, Padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad[232] diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.

[232] Jihad dapat berarti: 1. berperang untuk menegakkan Islam dan melindungi orang-orang Islam; 2. memerangi hawa nafsu; 3. mendermakan harta benda untuk kebaikan Islam dan umat Islam; 4. Memberantas yang batil dan menegakkan yang hak.


1.dikhabarkan dalam Alqur'an tentang skala sikap terhadap kebanyakan orang terhadap neraka 
(2:80 padahal 2 :81-82)
وَقَالُوا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ إِلا أَيَّامًا مَعْدُودَةً قُلْ أَتَّخَذْتُمْ عِنْدَ اللَّهِ عَهْدًا فَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ عَهْدَهُ أَمْ تَقُولُونَ عَلَى اللَّهِ مَا لا تَعْلَمُونَ (٨٠)بَلَى مَنْ كَسَبَ سَيِّئَةً وَأَحَاطَتْ بِهِ خَطِيئَتُهُ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (٨١)وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (٨٢)
80. Dan mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja." Katakanlah: "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?"
81. (Bukan demikian), yang benar: Barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
82. Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.

2Allah menegur hambanya yang merasa aman(7 :99)

termasuk penghuni Neraka 
1.(40:10-12)
2.mati Musrik (6 :88) dan 5 :72
3.mendustakan hari kemudian (74:42-46)
4.munafik mati belum taubat (4:145)
5.mati dalam keadaan takabbur(Abu daud 4091)

durhaka kepada orang tua ,khomr ,undat undat
6.pembuka aurat(HR Muslim 1680)
7.ahli bid'ah
8.orang yang tertindas tidak mau hijrah 4:97-98
9.hakim yang curang dan dzalim (abu daud)
10.makan harta haram (4:29-30)
11.Tukang Gambar(bukhori 1178)
12.menganiaya binatang (bukhori834/muslim 1760)
13.melampaui batas dalam urusan dunia (bukhori 2133/muslim 1634)

siksaan Neraka
yang paling ringan diberi sepatu otaknya mendidih (HR Muslim 195)

macamnya sisa Neraka :
1.menghanguskan kulit (4:56)
2.kepala disiram air ((22:19-20)
3.muka dibakar(40:104)
4.bara sampai ke hati (alhumazah 6-7
5.memakai baju tir(14:50)
6.diseret ke neraka (al qomar :48)
7.mereka dibelenggu (40:71-72)
8.dicambuk dengan besi (22:21)
9.minum dari besi yang mencair(18:29)
10.diberi makan zaqqum (waqiah 52),(73:13)

Penyesalan penghuni neraka
1.mereka menyadari dia berbuat aniaya (67:10-11)
2.dirinya ditipu pemimpin (2:167)
3.sadar akan siksaan dirinya (saba'33)
4.merasa kecewa (furqan 13)
5.ingin kembali ke dunia (35:37)
6.berdo'a tapi ditolak (32:12)
7.pengaduannya ditolak 23:106
8.minta safaat malaikat ditolak(40:49-50)
9.minta bantuan orang disurga 57:13,7:50
ditanya ahli surga tentang siksa(7:44)
10.melihat orang neraka (37:50-55)

PERINTAH MEMERANGI MANUSIA YANG TIDAK MELAKSANAKAN SHALAT DAN MENGELUARKAN ZAKAT


عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلم    قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا  مِنِّي دِمَاءُهُمْ وَأَمْوَالُـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ
[ رواه البخاري ومسلم ]
Artinya:
Dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma sesungguhnya Rasulullah e bersabda : Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka darah dan harta  mereka akan dilindungi kecuali karena alasan yang hak dan kelak perhitungannya terserah kepada Allah Ta'ala".    (Riwayat Bukhori dan Muslim)

Orang boleh diperangi dengan syarat :
1.    syirik  - orang syirik = munafiq = kafir
a.    syirik = kafir ( 9:113 )
b.    kafir = munafiq ( 4 : 140 )
c.     orang kafir mati dalam keadaan kafir ( 9 : 80 , 84 )
d.    syirik mati dalam keadaan syirik tidak ada ampun dari Allah ( 4 :48 )

2.    meninggalkan shalat
1-سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكَ الصَّلَاةِ  ( رواه مسلم )
2-عَنْ جَابِرٍ قَالَ  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ الْعَبْدِ وَبَيْنَ الْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلَاةِ (رواه ابو دود)
            Bagaimana orang yg sholatnya jarang jarang ? ..............
*         Ada beberapa pertanyaan Allah  tentang kenikmatan syurga  ( 2 : 214 ) namun Allah mengatakan , jangan tergesa menganggap masuk surge sebelum Allah mengetahui bahwa orang tersebut belum pernah mendapat  cobaan ) / ujian brupa dibawah ini  
                                   1.       kata “cobaan” dalam ayat itu kita ambil contoh para Nabi Dulu yg telah ditanggung syurga oleh Allah misalnya : bagaimana N. Ayyub ,(38:40-44) atau bagaimana sahabat Rasul yang namanya “Hamzah” atau Allah menceritakan  Qs 85 : 4,5,6,7,8.
                                   2.       ada lagi cobaan Allah “ kemelaratan” artinya harta habis untuk membiayai perkembangan perjuangan islam .
                                   3.        ada lagi “digoncang dengan berbagai macam cobaan “( 3:142 )  
*         Catatan:Orang berbuat baik sering disibukkan oleh pekerjaan ! mengapa Ibadah kepada Allah tidak dimasukkan dalam jadwal sibuk ?
*         Masuk surga itu pilihan  tidak seperti banyak anggapan bahwa pokoknya islam pasti masuk syurga paling ke neraka hanya beberapa hari saja lalu  ke surge. Mari kita lihat ayat berikut ini yakni QS  ( 2: 80 , 84 )
3.      tidak mau mengeluarkan zakat
a.Pengertian zakat
b.manfaat diperintah zakat       1. harta dan jiwa bersih ( 9 :103 )
                                                  2.bebas ancaman siksa dunia akherat ( 6 :44 )/( 3 : 178 ) / ( 9:24,35 )


Pelajaran yang terdapat dalam hadits / الفوائد من الحديث :
1.    Maklumat peperangan kepada mereka yang musyrik hingga mereka selamat.
2.    Diperbolehkannya membunuh orang yang mengingkari shalat dan memerangi mereka yang menolak membayar zakat.
3.    Tidak diperbolehkan berlaku sewenang-wenang terhadap harta dan darah kaum muslimin.
4.    Diperbolehkannya hukuman  mati bagi setiap muslim jika dia melakukan perbuatan yang menuntut dijatuhkannya hukuman seperti itu seperti : Berzina bagi orang yang sudah menikah (muhshan), membunuh orang lain dengan sengaja dan meninggalkan agamanya dan jamaahnya .
5.    Tidak mengkafirkan pelaku bid’ah yang menyatakan keesaan Allah dan menjalankan syari’atnya.
6.    Didalamnya terdapat dalil bahwa diterimanya amal yang zhahir dan menghukumi berdasarkan sesuatu yang zhahir sementara yang tersembunyi dilimpahkan kepada Allah.

 Tema-tema hadits :
1.    Aqidah dan syariat harus ditegakkan : 42 : 13,
2.    Perlindungan terhadap nyawa dan harta : 2 : 188, 4 : 93
3.    Besarnya kedudukan zakat   : 9 : 34
Beberapa Macam sebutan Kafir
Orang kafir terbagi menjadi empat kelompok, yaitu:
1. Kafir harbi, yaitu orang kafir yang memerangi dan diperangi.
2. Kafir Dzimi, yaitu orang kafir yang tunduk pada penguasa islam dan membayar jizyah [upeti] 3. Kafir Muahad, yaitu orang kafir yang tinggal di Negara kafir, yang ada perjanjian damai     dengan Negara islam.
4. Kafir Musta’man, yaitu orang kafir yang masuk ke Negara islam,dan mendapatkan jaminan keamanan dari pemerintah.
Dari keempat macam orang kafir tersebut, hanya kafir harbi yang boleh diperangi.

Memaafkan ketika hati menyimpan dendam



Allah berfirman  dalam Hadist Qudsi
اِنَّ النَّبِيَّ اللهِ مُوْسَى عَلَيْهِ السَّلامِ قَالَ يَا رَبِّ اَيُّ عِبَادِكَ أَعَزُّ عَلَيْكَ ؟ قَالَ اَلَّذِىْ اِذَا قَدَرَ عَفَا
Artinya : Nabi Musa as telah bertanya kepada Allah : “ya Rabbi” siapakah diantara hambamu yang lebih mulia menurut pandanganMu ? Allah berfirman : “ ialah orang yang apabila  berkuasa ( menguasahi musuhnya ) ,dapat segera memaafkan ( HQR Kharaiti dari Abu Hurairah)

Alangkah indahnya bekas guritan yang kita rasakan setelah selama sebulan mendapat pelajaran yang sangat berharga, dan  pahala yang disiapkan yang tiada bandingnya  dibulan Ramadhan kemarin  , betapa tidak ! pada bulan Ramadhan hampir semua insan mampu untuk mencegah gejolak hati yang bersifat permusuhan sehingga menjadi damai persaudaraan  mampu mencegah kemaksiatan mata, hidung, mulut dan kemaksiatan hati ,sehingga kedamaian dan ketentraman muncul dimana mana , andaikan diluar bulan puasa kita dapat mempuasakan jiwa kita betapa dunia ini jadi damai dan sakinah  dibulan Ramadhan kita mampu melakukan ibadah seperti itu yakni  mulai dari pagi sudak tidak makan dan minum sampai waktu tertentu ( maghrib) malam masih mampu melakukan sholat taraweh ,tadarus Alqur’an  dan masih banyak perbuatan baik yang tidak kami sebutkan secara keseluruhan , pertanyaannya ! mampukah kita melakukan hal itu semua diluar bulan Ramadhan setahun kedepan ?  Allah berfirman  94 :7-8
Karena itu berbuat baik itu tidak ada terminalnya artinya tidak akan pernah berhenti sampai ajal merenggut kita  dalam sebuah hadist ,Rasulullah saw bersabda :
لن يسبع المؤ منون من خير يسمعه حتى يكون منتهاه الجنة (رواه الترمذى)     
Artinya: Tidak akan pernah orang mukmin meras puas terhadap apa yang pernah didengarnya sehingga
 surgalah menjadi tujuan akhirnya ( HR Turmudzi )
Manusia itu makhluq unik besarnya tidak ada satu gunung namun dunia yang dihuni ini akan dapat dirubah menjadi situasi yang dikehendaki  jadi baik atau jadi buruk ,karena itu Allah telah memberi amanat kepada langit, bumi, gunung semua  dari mereka menolak amant itu namun manusia memikulnya , padahal manusia suka nyeleweng ,tidak tahu diri  dalam firmanNya dikataka dhaluuman jahuulaa  (33:72)  Manusia diciptakan Allah dengan 3 ciri khas : ciri Pertama, ‘ajuula ( عجولا ( bersifat tergesa gesa Allah berfirman(21:37),(7: 11).Ciri Kedua;Haluu’aa (  هلوعا ) berkeluh kesah lagi kikir .Kapan manusia keluh kesah ? (70:19-20) Kapan kikir ? perhatikan (70 :21 )Kemudian siapakah manusia yang tidak seperti diatas  silahkan dilihat QS 70 : 22-25 Ciri ketiga :Taghaa  ( طغى = melampai batas )  Allah memberi akal pada manusia adalah pemberian yang paling top setelah iman ,namun akal sok nakal misalnya ketika manusia masuk kamar mandi closed dari amirika ,sabun dari perancis, handuk dari belgia yang terucap oleh mulutnya “terima kasih amirika, terima kasih belgia “ seakan mereka teriak mana ciptaan Allah  karena manusia itu melampai batas ,
Merasa lebih dari yang lain  sehingga muncul kesombongannya lalu jika di ingatkan  (2 : 206 ) , (79:37-38)
Dosa manusia  secara umum terbagi 2 yaitu
Pertama ; dosa kepada Allah swt , jika kita dosa kepada Allah mudah cara menyelesaikannya yaitu taubat dengan sesungguhnya tidak mengulanginya lagi untuk selama- lamanya  maka diterima taubatnya ( 4 :17 )
Kedua dosa /salah terhadap sesama manusia ,ini yang lebih sulit menghapuskannya kecuali menyelesaikan dulu terhadap yang bersangkutan
Hadist Riwayat  muslim
Rasulullah pernah bertanya kepada sahabatnya : tahukah kamu orang yang bangkrut itu ? kemudian sahabat menjawabnya ; Allah dan Rasulnya yang lebih mengetahuinya : Rasul bersabda :
Artinya:
Sesungguhnya orang yang bangkrut ialah orang datang pada hari kiamat dari ummatku  membawa amalan shalat, puasa , dan zakat dan datang juga orang yg pernah disakiti hatinya , difitnah, yang pernah dimakan hartanya , dan yang pernah dibunuh serta pernah disakiti badannya , maka kebaikannya diambil untuk orang yang disakititi diatas maka ketika habis amalan yang baik tadi sebelum menyelesaikan perkaranya dengan orang diatas maka keburukan orang orang tersebut diberikan kepadanya kemudian dia dilempar keneraka  ( HR Muslim )
TANDA ORANG TAQWA
Dalam qur’an (3:134)
a.     menafkahkan harta diwaktu lapang / sempit (2:261) , ( 2:265 )
b.     Mampu menahan amarah,  dalam sebuah hadis qudsi ,pernah iblis proklamasi kepada Allah untuk menghancurkan manusia lewat berbagai cara  termasuk lewat nafsu amarah
اَهْلَقْتُ النَّاسِ بِذُنُوْبِ وَمَعَاصِ وَاَهْلَقُنِ بِلاَ لاَ اِلَهَ اِلا اللهِ وَاْلاِسْتِغْفَارِ فَلَمَّا رَاَيْتُ ذَالِكَ اَهْلَقْتَهُمْ بِا اْلهَوَى وَهُمْ يُخْسَبُوْنَ اَنَّهُمْ مُهْتَدُوْنَ
Artinya: “aku akan menghancurkan manusia dengan dosa dan maksiat dan aku akan hancur sendiri dengan kalimat laa ilaaha illallaah dan istighfar jika aku mengetahui seperti itu aku akan berbalik menghancurkan mereka dengan hawa nafsu sehingga mereka menganggap bahwa perbuatannya itu yang paling benar”.
c.  memaafkan  manusia
·         memang berbuat baik itu suli namun mempertahankan kebaikan jauh lebig sulit dari berbuat baik
·         mundur setelah maju adalah jauh lebih buruk daripada sebelum melangkah
·         memaafkan jauh lebih berat dari pada meminta maaf   ada sebuah ayat bahwa orang disakiti boleh membalasnya yang setimpal namun jika memberi maaf Allah akan memberi balasan yang tidak terkira
 ( 42:41-42)
Sejarah 
    Ketinggian Budi pekerti Rasul tergambar dalam satu sejarah tersebut .al:
1.       Dalam Ghazwah [1] Uhud
 Nabi mendapatkan luka pada wajahnya dan juga patah beberapa giginya . Berkatalah salah seorang sahabatnya , cobalah tuan do’akan agar mereka celaka . Nabi saw menjawab “ aku sekali kali tidak diutus untuk melaknat seseorang  tetapi aku diutus untuk mengajak kepada kebaikan sebagai rahmat” lalu beliau berdo’a
الله اغفر لقوم فانهم لا يعلمون
Artinya:”Ya Alah ampunilah kaumku ,karena mereka sesungguhnya  tidak mengetahui”
Rasulullah tidak berniat membalas dendam  tetapi malah memaafkan mereka dan kemudian dengan rasa kasih sayang beliau mendo’a kepada Allah agar mereka diberi  ampunan , karena dianggapnya mereka belum tahu tujuan Rasul adalah mengajak kepada kebaikan.
Karena Allah perintah (  5:13)
2.     Dalam ghazwah uhud itu juga
 Seorang budak hitam  bernama Wahsyi  telah dijanjikan oleh tuannya  akan dimerdekakan jika bisa membidik dan membunuh paman Nabi yang amat beliau sayangi; Hamzah  bin Abdul mutholib. Kemudian ia berhasil membunuhnya dan dimerdekakan. Namum beberapa waktu kemudian ia  masuk islam dan menghadap kepada Rasulullah  lantas menceritakan kepada Nabi perihal kejadian pembunuhan Hamzah itu. Maka Nabi saw memaafkan dan tidak membalasnya walau ada kesempatan untuk membalasnya.
42:37
3.     Ghazwah Khaibar                 
Khaibar adalah perkampungan Yahudi Zainab binti Al Harist, istri salam bin miskam salah seorang pemimpin yahudi berhasil memperoleh hadiah karena telah membubuhkan racun  pada paha kambing panggang yang disajikan kepada Rasulullah saw. Ketika itu  Rasulullah makan dengan Bisyir bin Bara’ bin ma’rur, Bisyir sempat menelan daging yang beracun itu, tetapi Nabi baru mengunyahnya lalu dimuntahkan kembali  sambil berkata : daging ini memberitakan kepadaku bahwa dia beracun. Selang beberapa hari kemudian bisyir meninggal dunia . kemudian Nabi saw  memanggil wanita yang kejam itu dan berkata kepadanya; “mengapa sampai hati kamu melakukan perbuatan seperti itu”, wanita itu menjawab : “tiada tersembunyi lagi hasrat kaumku  untuk
membunuh tuan .sekiranya tuan seorang raja tentu akan mati karena racun itu  dan kami akan merasa senang . Tetapi jika tuan seorang nabi, tentu tuan akan diberitahu oleh Allah bahwa daging itu beracun, dan ternyata tuan adalah seorang Nabi . pada saat itu nabi sangat berkuasa untuk membalasnya, namun akhirnya wanita itu dimaafkan dan dilepaskannya. (7:199)
Hadist Riwayat Al Hakim
  ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ اَوَاهُ اللهُ فِى كَنَفِهِ وَنَشَرَ عَلَيْهِ رَحْمَتَه ُوَاَدْخَلَهُ جَنَّتَهُ مَنْ اِذَا اُعْطِيَ شَكَرَ, وَاِذَا قَدَرَ غَفَرَ , وَاِذَا غَضِبَ فَتَرَ ( رواه الحكيم )  
Artinya: ada tiga hal yang apabila dilakukan akan dilindungi Allah  dalam pemeliharaanNya ,ditaburi Rahmatnya dan dimasukkaNya kedalam surgaNya  yaitu : apabila diberi ia berterima kasih ,apabila ia berkuasa suka memaafkan dan apabila marah, ia menahan diri ( tidak jadi marah ) ( HR Hakim )
Dalam kitab Ihya’ ‘Ulumuddin ( imam Ghozali disebutkan bahwa Nabi saw bersabda :
قَالَ لِعُقْبَةَ بْنِ عَامِرِ اَلاَ اَخْبِرُكَ بِاَفْضَلِ الاَخْلاَقِ اَهْلِ الُّدُنْياَ وَالاَخِرَةِ ؟ تَصِلُ منْ قَطَمكَ, وَطُعْطِيَ مَنْ حَرَمَكَ , وَتَعْفُ عَمَّنْ ظَلَمَكَ                              Artinya : bersabda Nabi saw  kepada ‘Uqbah bin ‘Amir ra : wahai ‘Uqbah  maukah kamu kau beritahu  budi pekerti yang ahli dunia dan akherat yang utama ? yaitu: melakukan silaturrahim ( melakukan hubungan kekeluargaan dengan orang yang telah memutuskan ),memberi kepada orang yang tidak pernah memberimu , dan memaafkan orang yang pernah menganiayamu  
4.     Menghadapi Du’tsur (seorang arab kafir)
Du’tsur suatu ketika mendapati Rasulullah sedang duduk dibawah pohon yang rindang dan ketiduran, lalu Du’tsur mengambil pedang beliau serta menghunusnya sambil mengancamkannya  kepada Beliau dengan ucapan “siapa yang dapat membelamu daripada aku sekarang ini ?” dengan tegas Nabi menjawab “Allah “ orang itupun gemetar, sehingga pedang ayang ada ditangannya terjatuh dan segera dipungut oleh Nabi  yang kemudian mengancamkannya kembali kepada Du’tsur  “sekarang siapa yang membelamu daripadaku hari ini?”, Du’tsur menjawab : “tidak seorang pun”  tetapi yang dilakukan oleh Nabi malah memaafkannya, Du’tsur pulang ke desanya menceritakan hal itu kepada tetangga dan handai taulan bahwa ia semestinya sudah mati tetapi Muhammad adalah orang yang berbudi luhur . Du’tsurpun mengajak teman-temannya untuk masuk islam. Dan itulah hasil budi pekerti luhur
(68:4),(3:134).
5.     Kebiadaban kafir Mekah kepada Rasul sudah memuncak
mereka meludainya,melempar dengan batu, kotoran unta bahkan pengikut Rasulpun tak luput dari kebiadaban mereka ada yang dibunuh dengan dibakar, ditarik kedua tangannya hingga robek dan berpisah dari badannya, dijemur diterik panas matahari bahkan ada yang ditusuk dengan besi panas (sumaiyah istri yasir)  namun demikian setelah futuhul (kemenangan) mekah, Rasul yang sangat berkuasa terhadap mereka, tidak membalas dendam akan tetapi menerima maaf mereka.  Beliau bersabda:
اقول كما قال اخى يوسف :لا تَثْرِيْبَ عَلَيْكُمُ اْليَوْمَ يَغْفِرُ اللهُ وَهُوَاَرْحَمُ الَّراحِمِيْنَ
Artinya: “Aku berkata seperti dikatakan oleh saudaraku (Nabi) Yusuf mulai hari ini tidak ada cerca dan nista atas perbuatan yang telah diperbuat oleh kalian, Allah mengampuni kalian Dia maha pengasih lagi maha penyayang”
Setelah mendengar ucapan beliau demikian legalah hati mereka. Kemudian hasil akhlaq yang tinggi (mulia) itu adalah berduyun duyunnyakafir Quraisy Mekah masuk dalam Agama Islam maka turunlah QS 110:1-3 (An Nashr).



[1] Ahmad Muhammad Alhaufi min ahlaqin Nabi lajna at-ta’rif bil islam ,1968